SAIVA SIDDHANTA (di India)


Siwaisme yang eksis di Bali ajarannya  bersumber dari.Bhuwana Kosa, Wrhaspati Tattwa, Tattwa Jnana, Ganapati Tattwa, Bhuwana Sang Ksepa, Siwa Tattwa Purana, Sang Hyang Maha Jnana dll. Sementara Saiva Siddhanta di India. Ajarannya bersumber dari Tattva Prakasha. Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai Siva Siddhanta di India, berikut ini disajikan materi Siva Siddhanta yang berkembang di India yang disunting dari Hinduism Today.  Semoga bermanfaat.
                                                                          

 Siwa Nataraja
Saiva Siddhanta adalah sekte Hindu Saivite tertua, paling giat, dan ekstensif dipraktekkan saat ini, yang mencakup jutaan pengikut, ribuan kuil aktif dan puluhan tradisi monastik dan pertapa hidup Terlepas dari popularitasnya, masa lalu Siddhanta yang mulia sebagai denominasi seluruh India relatif tidak dikenal dan sekarang diidentifikasi terutama dengan bentuk India Selatan, Tamil. Istilah Saiva Siddhanta berarti "kesimpulan akhir atau pendirian dari Saivism." Ini adalah teologi formal dari wahyu ilahi yang terkandung dalam dua puluh delapan Ajaran Saiva. Guru pertama yang dikenal dari Shuddha, "murni," tradisi Saiva Siddhanta adalah Maharishi Nandinatha dari Kashmir ( 250 SM), dicatat sebagai guru dari Rishi Patanjali, Vyaghrapada dan Vasishtha. Satu-satunya karya tulis Maharishi Nandinatha yang masih ada adalah dua puluh enam ayat Sansekerta, yang disebut Nandikeshvara Kashika, di mana ia meneruskan ajaran-ajaran kuno. Karena pendekatan monistiknya, Nandinatha sering dianggap oleh para ahli sebagai eksponen paham Advaita.

Guru terkemuka berikutnya yang tercatat adalah Rishi Tirumular, seorang siddha di garis Nandinatha yang datang dari Lembah Kashmir ke India Selatan untuk mengemukakan ajaran sakral dari dua puluh delapan Ajaran  Saiva. Dalam karyanya yang mendalam, Tirumantiram, "Holy Incantation," Tirumular untuk pertama kalinya menempatkan tulisan-tulisan besar dari Ajaran dan filsafat Shuddha Siddhanta ke dalam bahasa Tamil yang manis. Rishi Tirumular, seperti satguru-nya, Maharishi Nandinatha, mengedepankan teisme monistik di mana Siva adalah material dan penyebab utama, imanen dan transenden. Siva menciptakan jiwa dan dunia melalui emanasi dari diri-Nya, pada akhirnya menyerapnya kembali ke dalam Wujud -Nya,  tanah kembali ke tanah, air kembali ke air, api ke dalam api, udara kembali ke udara, eter kembali  ke eter. Tirumantiram membentangkan jalan Siddhanta sebagai jalan progresif, empat kali lipat dari kehidupan charya, berbudi luhur dan bermoral; kriya, pemujaan kuil; dan pemujaan yang diinternalisasi dan kesatuan dengan Para siva melalui anugerah satguru yang hidup - yang mengarah pada keadaan jnana dan pembebasan. Setelah pembebasan, tubuh jiwa terus berevolusi hingga sepenuhnya menyatu dengan Dewa-jiva menjadi Siva.

Shuddha Saiva Siddhanta dari Tirumular memiliki akar yang sama dengan Mahasiddhayogi Gorakshanatha Siddha Siddhanta, keduanya merupakan aliran ajaran Natha. Garis keturunan Tirumular dikenal sebagai Nandinatha Sampradaya, Gorakshanatha disebut adinatha Sampradaya. Saiva Siddhanta yang berkembang di India Selatan sebagai gerakan bhakti yang kuat yang diinfuskan dengan wawasan tentang siddha yoga. Selama abad ketujuh hingga kesembilan, orang-orang kudus Sambandar, Appar dan Sundarar berziarah dari kuil ke kuil, menyanyi dengan penuh perasaan atas kebesaran Siva. Mereka iberhasil mempertahankan Saivism melawan ancaman Buddhisme dan Jainisme. Tidak lama setelah itu, seorang Perdana Menteri raja, Manikkavasagar, meninggalkan  kekayaan dan ketenaran untuk mencari dan melayani Tuhan. Syair-syairnya yang meleleh, yang disebut Tiruvacagam, penuh dengan pengalaman visioner, cinta ilahi dan perjuangan yang mendesak untuk Kebenaran. Lagu-lagu dari empat orang kudus ini adalah bagian dari ringkasan yang dikenal sebagai Tirumurai, yang bersama dengan Veda dan ajaran Saiva membentuk dasar tulisan suci Saiva Siddhanta di Tamil Nadu.

Di samping para orang kudus, filsuf, dan petapa, ada banyak siddha, "orang-orang yang berhasil," orang-orang yang mabuk-mala yang mengembara sepanjang abad sebagai orang-orang kudus, guru, pengikut yang terilhami atau bahkan orang-orang buangan yang dihina. Saiva Siddhanta membuat klaim khusus pada mereka, tetapi kehadiran dan wahyu mereka melintasi semua  filosofi dan garis keturunan untuk menjaga semangat sejati Siva hadir di bumi. Nama-nama terkenal termasuk Sage Agastya, Bhoga Rishi, Tirumular dan Gorakshanatha. Mereka dihormati oleh Siddha Siddhantins, Kashmir Saivites dan bahkan oleh cabang-cabang Buddhisme Nepal. Di India Tengah, Saiva Siddhanta dari tradisi Sanskrit pertama kali dilembagakan oleh Guhavasi Siddha (ca 675).. Penerus ketiga di garisnya, Rudrashambhu, juga dikenal sebagai Amardaka Tirthanatha, mendirikan ordo monastik amardaka (ca 775) di Andhra Pradesh.

Dari saat ini, tiga perintah monastik muncul yang berperan dalam difusi Saiva Siddhanta di seluruh India. Bersama dengan tatanan Amardaka (yang diidentifikasi dengan salah satu kota suci Saivism, Ujjain) adalah Ordo Mattamayura, di ibukota dinasti Chalukya, dekat Punjab, dan Orde Madhumateya di India Tengah. Masing-masing dari sub-perintah yang banyak dikembangkan ini, seperti monastik Siddhanta, yang penuh dengan semangat misionaris, menggunakan pengaruh para pendukung kerajaan mereka untuk menyebarkan ajaran-ajaran di kerajaan tetangga, khususnya di India Selatan. Dari Mattamayura, mereka mendirikan biara-biara di Maharashtra, Karnataka, Andhra, dan Kerala (ca 800).


 Dari sekian banyak guru dan acharya yang diikuti, menyebarkan Siddhanta ke seluruh India, dua siddha, Sadyojyoti dan Brihaspati dari India Tengah (ca 850), diakui dengan sistematisasi teologi dalam bahasa Sanskerta. Sadyojyoti, diprakarsai oleh guru Kashmir Ugrajyoti, mengemukakan pandangan filosofis Siddhanta seperti yang ditemukan dalam ajaran  Raurava. Dia digantikan oleh Ramakantha I, Shrikantha, Narayanakantha dan Ramakantha II, yang masing-masing menulis banyak risalah tentang Saiva Siddhanta. Kemudian, Raja Bhoja Paramara dari Gujarat (ca 1018) memadatkan  naskah-naskah suci Siddhanta yang mendahuluinya menjadi satu risalah metafisik ringkas yang disebut Tattva Prakasha, dianggap sebagai kitab suci Sanskerta yang paling utama di Saiva Siddhanta.  Menegaskan pandangan monistik Saiva Siddhanta adalah Shrikumara (ca 1056), yang menyatakan dalam komentarnya, Tatparyadipika, tentang karya-karya Bhoja Paramara, bahwa Pati, pashu dan pasha pada akhirnya adalah satu, dan wahyu itu menyatakan bahwa Siva adalah satu.

Meditasi

Dia adalah esensi segalanya. Shrikumara menyatakan bahwa Siva adalah  material penyebab alam semesta. Saiva Siddhanta siap diterima di mana pun itu menyebar di India dan terus berkembang sampai invasi Islam, yang hampir memusnahkan semua jejak Siddhanta dari Utara dan India Tengah, membatasi praktiknya yang terbuka ke wilayah selatan benua itu. Pada abad ke-12 Aghorasiva mengambil tugas menggabungkan tradisi Siddhanta Sanskrit Utara dengan Selatan, Tamil Siddhanta. Sebagai kepala biara cabang Ordo Amardaka di Chidambaram, Aghorasiva memberikan pandangan yang unik terhadap teologi Saiva Siddhanta, membuka jalan bagi paham pluralistik baru. Dengan sangat menyanggah interpretasi monist dari Siddhanta, Aghorasiva membawa perubahan dramatis dalam pemahaman Ketuhanan dengan mengklasifikasikan lima prinsip pertama, atau tattvas (Nada, Bindu, Sadasiva, Ishvara dan Shuddhavidya), ke dalam kategori pasha, menyatakan bahwa mereka adalah efek dari suatu sebab dan secara inheren adalah substansi yang tidak disadari. Ini jelas merupakan keberangkatan dari ajaran tradisional di mana kelima orang ini adalah bagian dari sifat ilahi Tuhan.

Aghorasiva dengan demikian meresmikan Siddhanta baru, berbeda dari monumental Saiva Siddhanta asli dari Himalaya. Terlepas dari sudut pandang pluralistik Aghorasiva tentang Siddhanta, ia berhasil melestarikan ritual Sansekerta yang tak ternilai dari tradisi agamawi kuno melalui tulisan-tulisannya. Sampai hari ini, filosofi Siddhanta Aghorasiva diikuti oleh hampir semua imam kuil Sivacharya yang turun-temurun, dan teks-teks Paddhati-nya telah menjadi buku panduan puja standar. Kriyakramadyotika-Nya adalah karya besar yang mencakup hampir semua aspek ritual Saiva Siddhanta, termasuk diksha, samskaras, atmartha puja dan instalasi Dewa.

Pada abad ke-13, perkembangan penting lainnya terjadi di Saiva Siddhanta ketika Meykandar menulis Sivajnanabodham dua belas ayat. Karya-karya ini dan karya berikutnya oleh penulis lain meletakkan fondasi Meykandar Sampradaya, yang mengedepankan realisme pluralistik di mana Tuhan, jiwa dan dunia hidup berdampingan dan tanpa awal. Mereka melihat jiwa yang bersatu dalam Siva sebagai garam dalam air, suatu kesatuan abadi yang juga kembar. Literatur paham ini begitu mendominasi ilmu pengetahuan sehingga Saiva Siddhanta sering secara salah diidentifikasi sebagai pluralistik eksklusif. Sebenarnya, ada dua interpretasi, satu monistik dan dualistik lainnya, yang pertama adalah premis filosofis asli yang ditemukan dalam kitab suci pra-Meykandar, termasuk Upanishad. Saiva Siddhanta kaya akan tradisi kuil, festival keagamaan, sacred arts, budaya spiritual, klan imigran, ordo monastik, dan aliran murid guru. Semua ini masih berkembang. Kini Saiva Siddhanta paling menonjol di antara enam puluh juta orang Saivites Tamil yang sebagian besar tinggal di India Selatan dan Sri Lanka. Di sini dan di tempat lain di dunia, masyarakat Siddhanta yang terkemuka, kuil-kuil dan biara-biara berlimpah.

SAIVA SIDDHANTA CLASS

Di Bali khususnya, nampaknya Perguruan Tinggi Agama Hindu perlu menyelenggarakan kursus-kursus mengenai Siwa Siddhanta untuk umat, seperti yang dilakukan di Negara lain (Malaysia misalnya), Saiva Siddhanta bukanlah  hanya dipelajari oleh Mahasiswa Pendidikan Agama Hindu saja. Semoga menjadi bahan pemikiran tokoh-tokoh pendidikan agama Hindu di Bali.


Belum ada Komentar untuk "SAIVA SIDDHANTA (di India)"

Posting Komentar

Add